Dampak dari Internet yang Mempengaruhi Rantai Produksi (Value Chain) Model Porter


Perkembangan tekologi informasi khususnya internet telah membawa pengaruh terhadap suatu organisasi atau perusahaan, internet secara langsung berdampak pada proses pengembaang potensi-potensi yang dimiliki suatu organisasi diantaranya peningkatan efektifitas pengelolaan data dan informasi seperti proses pengiriman informasi dapat dengan mudah dan efisien tanpa ada batas dan halangan secara geografis. Internet sebagai teknologi sendiri dapat memainkan peranan pada setiap proses bisnis diantaranya untuk penyampaian infromasi yang relevan baik kepada stakeholder, supplier, customer, individu dan dapat memberikan atau menyediakan secara cepat, mudah dalam mengakses, membangun dan menyebarkan informasi yang relevan. Value Chain Model Porter : merupakan alat analisis stratejik yang digunakan untuk memahami secara lebih baik terhadap keunggulan kompetitif, untuk mengidentifikasi dimana value pelanggan dapat ditingkatkan atau penurunan biaya, dan untuk memahami secara lebih baik hubungan perusahaan dengan supplier, pelanggan, dan organisasi atau industri.

Pengaruh  Terhadap Bisnis Secara Global

Peranan teknologi informasi seperti teknologi web memiliki dampak luar biasa pada proses pengadaan, manufaktur dan distribusi dimana secara signifikan dapat mengurangi waktu dan biaya dalam proses tersebut, peranan teknologi akan sangat membantu lingkungan industri atau organiasai untuk meningkatkan value chain terhadap bisnis secara gelobal seperti pengiriman informasi yang real-time untuk memastikan kedatangan produk tepat waktu, termasuk bahan baku untuk produsen, pengriman barang ke distributor, pengencer dan pelanggan. Dimana saat ini pelanggan, supplier dan produsen dapat akses langsung informasi rantai pasokan untuk dapat mengetahui informasi pengiriman produk, dengan informasi yang real-time yang tersedia untuk produsen dan supplier, teknologi ini membantu mereka untuk mengelola transportasi dan sumberdaya logistik yang lebih efektif, tidak hanya membantu untuk menentukan rute dan mode transportasi yang efisien tetapi juga akan membatu untuk pengelolaan pergudangan dan kebutuhan ruang penyimpanan dengan lebih efisien dan lebih baik. dengan pemanfaatan teknologi informasi telah memungkinkan perusahaan untuk mulai memperluas konsep value chain untuk mencangkup semua perusahaan pemasok dan mitra bisnis ke dalam sistem tunggal yang terintegrasi hal ini memungkinkan perusahaan atau organisasi dapat bekerja dan beroperasi secara langsung dengan perusahaan di seluruh dunia tanpa ada batasan geografis.

Pengaruh Terhadap Bisnis Kecil dan Menengah (UMKM)

Peran teknologi dalam UMKM salah satunya dengan penerapan e-marketplace. E-Marketplace merupakan media online dimana kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual dapat saling berinteraksi dalam satu media. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh harga pasar yang kompetitif. Sedangkan bagi supplier penjual dapat mengetahui perusahaan-perusahaan yang membutuhkan produk dan jasa mereka, e-marketplace merupakan model E-Business yang berhubungan dengan penjual dan pembeli.
Adapun pengaruh internet sebagai teknologi terhadap bisnis UMKM diantaranya :
  • Penghematan biaya transport dan logistik, dimana peranan teknologi dapat membantu lingkungan industri dan organisasi untuk meningkatkan rantai produksinya dengan menyampaikan informasi yang tepat dan real-time dan mengurangi biaya transportasi, biaya pengadaan bahan baku.
  • Mengoptimalkan kebutuhan gudang dan ruang penyimpanan, dimana teknologi dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan rantai produksinya dengan menyampaikan informasi servis terkini kepada konsumen, suplier dan pengusaha.
  • Memberi kemudahan dalam melakukan hubungan bisnis, dimana teknologi membantu perusahaan untuk bekerja secara langsung dengan perusahaan lain diseluruh dunia.
  • Penggunaan teknologi internet dapat menghemat biaya desain produk dan biaya distribusi produk.
  • Menghemat biaya pengiriman produk ke konsumen dan membuat proses jual beli melalui media internet seperti e-commerce.
  • Servis dan Support, dimana Internet memudahkan perusahaan untuk menyediakan informasi bagi konsumen sesudah konsumen melakukan pembelian seperti layanan purna jual dan perbaikan.

Pengaruh Terhadap Perilaku Konsumen

Peranan teknologi informasi diantaranya internet telah membawa pengarud terhadap perilaku konsumen atau masyarakat dimana konsumen dapat memanfaatkan internet sebagai :
  • Internet sebagai media komunikasi dan interaksi antara konsumen dan produsen berupa kemudahan konsumen untuk mencari dan mengakses informasi produk yang dibutuhkan.
  • Dimana Konsumen dapat secara langsung memberikan penilaian terhadap suatu produk yang dihasilkan sehingga dapat membantu para pengusaha untuk mengambil keputusan tentang produk yang dihasilkan dan peningkatan dari kualitas produk tersebut.
  • Internet dapat dimanfaatkan sebagai media market riset untuk menguji dan mengenalkan produk sebelum di lempar ke pasar.

Comments

Popular posts from this blog

Knowledge Management

Penerapan dan Pemanfaatan Empat Domain COBIT pada Proses Audit Sistem Informasi

Independensi dan Profesionalisme Auditor Internal vs Auditor Eksternal