Spatial social network analysis


Ego-Networks

Ego-Networks adalah sub-network yang berpusat pada node tertentu. untuk dapat menghasilkan ego-network kita menangkap semua hubungan antara node dan node lainya. Ego-Network menganalisis struktur keterkaitan / hubungan lokal masing-masing node dalam jaringan, sebuah ego-network terdiri dari simpul fokus dan set-node yang berdekatan dari simpul fokus dan dasar dari ego-network mencangkup ukuran dan kepadatan masing-masing hubungan node dengan node lainya (Granovetter, 1978).

Spatial social network analysis

Spatial social network analysis mencoba melihat dan membahas bagaimana posisi seorang aktor dalam ruang geografis/wilayah tertentu dapat dianalisis bersamaan dengan posisi mereka di jaringan sosial (social network). Spasial Sosial Network menjelaskan peran penting konsep spasial, seperti jarak, lokasi, kedekatan, lingkungan, dan wilayah berpengaruh dalam lingkungan masyarakat, perilaku sosial secara geografis merupakan konteks yang spesifik, dan bahwa ruang dan masyarakat saling dibentuk, maka membutuhkan penggabungan beberapa spatialities ke dalam analisis social network  (Leitner, 2008). Spatial social network analysis mengidentifikasi lokasi aktor dalam jaringan sosial (social network), dengan cara memasukkan posisi simultan aktor dalam hubungan dan tempat dalam suatu jaringan, spatial social network memfasilitasi analisis perilaku sosial dalam konteks simultan dan terkait posisi jaringan dan lokasi relatif dalam ruang geografis (Leitner, 2008).

Refrence

  • Leitner, H., E. Sheppard, and K. M. Sziarto. 2008. The spatialities of contentious politics. Transactions of the Institute of British Geographers 33 (2): 157–72.
  • M. Granovetter, 1978, Introduced the concept of threshold as the percentage of previous adopters in a person’s ego-network in “Threshold models of collective behavior”. American Journal of Sociology 83, 1420-43.

Comments

Popular posts from this blog

Knowledge Management

Penerapan dan Pemanfaatan Empat Domain COBIT pada Proses Audit Sistem Informasi

Independensi dan Profesionalisme Auditor Internal vs Auditor Eksternal