Sistem Terdistribusi


Sistem Terdistribusi

Sistem Terdistribusi adalah kumpulan komputer yang berkomunikasi melalui jaringan, dan terkoordinasi untuk mencapai suatu  tujuan. Tujuannya dapat berbagai bentuk misal pembagian information resource atau sumber daya informasi, dan sebagainya. Biasanya digunakan untuk pemrograman jaringan dan untuk melakukan integrasi sistem yang homogen. Teknologi Java yang dimanfaatkan untuk Sistem Terdistribusi adalah RMI (Remote Method Invoke) yang memang dibuat khusus oleh Sun Microsystem (sekarang Oracle). Syarat terjadinya share information di dalam sistem terdistribusi adalah sebagai berikut. 
  • Jika informasi dalam berbentuk class, maka class informasi tersebut harus dimiliki pada server dan pada client. Dan harus setara secara strukturnya. Selain itu harus dilakukan marshaling atau serializeable kepada class tersebut. Marshal yang dimaksud adalah melakukan perubahan pada struktur data atau objek sehingga format strukturnya dapat dikenali, disimpan, atau dilakukan sesuatu sesuai kebutuhan. Dalam hal ini dilakukan untuk melakukan pertukaran data antara class informasi yang terdapat pada server ke client. Jika terjadi ketimpangan atau perbedaan struktur class informasi, maka data tidak akan dapat dilakukan serializeable.
  • Terdapat interface class, yang merupakan kelas yang berisikan method atau function abstrak. Dan berisikan hal-hal apa saja yang dapat dilakukan oleh client dan server. Apa yang terdapat pada client harus sesuai dengan yang terdapat pada server (tapi di dalam penerapannya tidak harus semua, sesuai kebutuhan). Beberapa class interface yang terdapat pada server harus dilakukan implementasi ke kelas implementasi. Beberapa class interface yang terdapat pada client inilah yang akan menjadi sarana pertukaran data atau jika dibayangkan seperti remote atau pemicu dari pertukaran data.
  • Kelas implementasi tersebut kemudian diikatkan pada network registry. Network registry inilah yang akan diakses oleh client. Biasanya diwakili oleh nama atau keyword khusus.
  • Java Remote Method invocation (RMI) memungkinkan programer untuk menciptakan program terdistribusi dengan teknologi java, dimana suatu method dari suatu remote object dapat dipanggil dari Java Virtual Machine (JVM) yang lainnya, yang biasanya dapat merubah mesin yang berlainan. Suatu program yang berbasis Java dapat memanggil sebuah remote object ketika program tersebut mendapatkan refrensi dari remote object tersebut baik dengan melihat ke naming service yang disediakan oleh RMI atau menerima refrensi dari suatu argumen atau return value. Sebuah client dapat memanggil sebuah remote object lainnya. RMI memakai object serialization untuk marhal dan unmalshal parameter.

Comments

Popular posts from this blog

Knowledge Management

Penerapan dan Pemanfaatan Empat Domain COBIT pada Proses Audit Sistem Informasi

Independensi dan Profesionalisme Auditor Internal vs Auditor Eksternal